Sunday, April 22, 2007

A Simple Thanks 2 My Teacher...

Gw nulis blog ini terinspirasi dari cerita salah seorang dosen bahasa inggris gw yg nyeritain klo dya dimotivasi ama gurunya yg terus2an ngasih dya bacaan bahasa inggris buat numbuhin kecintaannya ama bahasa inggris..

Bah.. Blog ini gw persembahin buat guru gw waktu SMA yg bernama BU FITRI.. Beliau orang yg benar2 ngenumbuhin kesukaan gw ama mata pelajaran kebencian banyak orang yang bernama MATEMATIKA.. Beliau membuat matematika jd satu2nya alasan knapa gw betah di IPA..

Dulu pertama kali gw mulai suka ama matematika adalah pas kelas satu SMP.. Guru matematika gw orang yg keras banget.. Galak.. Disiplin.. Tapi entah knapa gw nyaman diajar ama dya.. Dya bisa bikin matematika yg menyebalkan tuh jd menyenangkan buat gw.. Padahal ulangannya dya tu susah2,, Ulangan harian pertama gw aja cuma 3,33 ama dya.. Tapi entah knapa gw jd suka banget ama mat..

Masuk kelas 2 dan 3 SMP.. Gw mulai benci lg ama mat.. Guru gw gak bikinn mat jd nyenengin.. Gw malah jd sebel banget ama yg namanya matematika.. Soalnya tetep susah.. Byar gak sesusah guru kelas 1 gw.. Tapi gw tetep sebel banget.. Pokoknya gw jd anti banget ama matematika ntu..

Nah.. Smuanya dimulai waktu gw di SMA.. DI sebuah kelas kecil berisikan 12 orang yg disebut TeTr[AxL]iDa.. Gw kembali lg suka ama yg namanya mat,, Guru gw itu yg bernama bu fitri.. Klo ngasih soal susahhhhh bener.. Bikin mabokk.. Tapi entah knapa menarik.. Gw jdnya klo ngerjain matematika tuh seneng banget..

Seiring berjalannya waktu.. Gw makin suka ama matematika.. Nah.. Entah knapa.. Guru gw yg satu ini jd hibi banget ngasih soal2 pribadi buat gw yg susah2nya ampe bisa bikin gajah muntah.. Tapi entah knapa gw malah seneng banget ngerjain tuh soal2 biadab.. Satu2nya momen di mana gw bisa ktawa sambil ngerjain soal ya pas ngerjain soal matematika dari guru gw ntu.. Guru gw ini jg ngasih gw soal yg susahnya dahsyat klo gw brisik di kelas.. Dya bilang gw slalu diem klo ngerjain soal matematika.. Makanya daripada brisik mendingan kasih soal yg susahnya mampus bener byar diemnya long lasting.. Tapi gw tetep sneng klo ktemu soal mat yg susah..

Pas masa2 dya hamil.. Guru mat gw ganti untuk smentara.. Dapetlah gw seorang guru pencipta soal2 biadab paling kaliber.. Pas dya ngajar klas gw.. Dya sring ngasih soal maha dahsat gitu.. Nah.. Pas guru mat gw yg asli balik.. Gw critain.. Eh2.. Seujug2 dya malah minta ke guru pencipta soal2 dahsyat itu buat nyariin ato bikinin soal yg susah khusus buat gw.. Smakin lama smakin suka gw ama yg namanya mat..

Menjelang akhir gw baru sadar klo ternyata gw mencintai matematika karena guru gw yg brnama bu fitri ini.. Trnyata soal2 mat yg aneh2 ntu yg bikin gw tertarik ama mat.. Beda dari fisika dan kimia.. matematika punya soal yg lebih bebas.. Gak terpaku ama satu bab doank.. Mat bisa ngegabungin smua bab jd satu soal.. Dan itu yg bikin menarik.. Soal mat jg slalu punya penyelesaian.. Hmpr gak ada yg gak mungkin buat mat.. LOGIKA jd prioritas utama.. Klo plajaran laen terpaku ma rumus dan hapalan yg uda baku.. Mat cuma perlu rumus dasar yg sbetulnya bisa qta sderhanain sendiri.. Makanya soal mat buat gw wajib dikerjain karena pasti ada jawabannya..

Karena ksukaan gw ama mat.. Makanya gw milih ilmu ekonomi pas kuliah ini.. Buat gw.. Gw pengen nyari di mana ada masalah2 matematika paling menantang.. Dan bokap gw ngasih tau klo yg namanya ekonomi ntu berbasis perhitungan matematika yg kompleks.. Gw lgsg ngerasa.. Konsep matematika yg bisa lgsg diterapin dlm khidupan nyata? Menarik jg tuh.. Uda gitu dengan ilmu ekonomi qta bisa nyelamatin ratusan juta jiwa pnduduk indonesia.. Makanya spontan aja tujuan hidup gw jd ilmu ekonomi.. Bukan krna gw pgn kaya ato terhormat.. Tapi gw pgn kecintaan gw ama matematika bisa gw pke buat ngebantuin orang banyak.. Itulah idelaisme gw tentang matematika..

Nah.. Gw sangat berterima kasih sama guru mat gw itu.. Karena tanpa dya.. Nlm tentu skrg gw bisa duduk dan belajar di depok.. Beraktivitas pke jaket kuning sbgai kebanggaan tersendiri gw.. Dan tetep belajar matematika yg sangat gw cintai dgn tantangan yg tersendiri.. Klo dya gak ngajarin gw btapa mat ntu sangat mnarik.. Mgkn gw uda terjebak di jurusan yg sesuai dgn status gw sb anak IPA, kaya kimia ato fisika yg sbetulnya kurang gw sukai.. Ato mgkn gw uda gak lulus spmb karena enek ama soal matnya.. Dya bner2 berjasa buat gw..

Gw gak tau niatnya beliau apa ngasih gw soal2 itu.. Apakah dya bner2 care ama kesukaan gw ma matematika ato gak.. Tapi.. Yg jlas.. Itu uda membuat gw tumbuh dan berkembang sampe skrg..

So, terima kasih yang sebesar-besarnya, Bu Fitri.. Kau adalah guru matematika terbaik yang pernah saya temui seumur hidup.. Thanks to be a person who keep my smile to be ETERNAL.. Keep your smile to be ETERNAL, ma'am..

Smile Eternally,

Royben..

No comments: